2/24/14

Imbauan Jangan Jajan Sembarangan Buat Anakanak SD Di Kabupaten Purwakarta

44 Persen Jajanan Anak Sekolah Belum Penuhi Syarat Sehat. Tribunnews.

 Waktu malam Senin Cikal bilang kalo mulai besok harus bawa bekal ke sekolah tiap hari, saya agak protes, soale kebayang repotnya mesti nyiapin bekal dia sepulang nganter istri dines pagi.
Mamanya mana sempat nyiapin bekel Cikal. dia aja repot abis beberes rumah pagi hari terus ngurus diri sendiri buat kerja.
Nyiapin bekel anak, mana sempat...??

M
au ga mau saya yang ketiban pulung mesti nyiapin bekel Cikal, karena waktu saya lebih fleksible.

Kebijakan Pak Bupati Purwakarta yg melarang anak-anak jajan di sekolah juga disertai larangan tukang jajanan jualan di sekolah memang merepotkan orang tua dan tukang jajanan yg biasa dagang di sekolahan.
Tapi ini membuat saya sadar akan kesehatan buah hati saya yg selama ini kurang saya perhatikan.
Biasanya tinggal ngasih uang jajan, nganter anak ke sekolah, beres.
Ga merhatiin apa makanan yg dimakan anak?
Minuman apa yg diminum anak?

Pernah meriksa tas Cikal, di dalamnya ada snack dalam bungkus almunium foil polos tanpa merk. Iseng saya sobek, isinya mie goreng kering potongan kecil-kecil, warnanya coklat keiteman, bumbunya ga jelas, penyedap rasanya menyengat.

Tukang makanan di SD kadang tidak  memperhatikan segmentasi konsumen mereka.
Bayangkan, minuman energi ga jelas yg dalam gelas plastik yg harganya seribuan itu dijualin ke  anak-anak.
Belum lagi ragam makanannya. Kreasi mereka demi menarik minat anak kecil kadang tidak memperdulikan bahan makanan yg dipakai. Pewarna yg abal-abal, borax, mungkin juga formalin.
Bahkan kadang makanan kemarin masih dijual.
Mereka memanfaatkan kepolosan anak-anak yg belum tau apa-apa.

Tentu kita ga rela donk buah hati kita nabung racun dari jajanan yg mereka beli di sekolah.

Rupanya fenomena itu dilihat oleh  Bupati Purwakarta, Kang Dedi Mulyadi. Dia melarang anak-anak jajan di sekolah sebelum tukang dagangnya memperoleh  sertifikat layak jualan di sekolahan dari dinkes.

Hatur nuhun, Kang Dedi.
Sudah bikin saya sadar sama kesehatan jajanan anak saya di sekolah.

No comments:

Post a Comment